Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Pertanyaan Umum Saat temuduga Kerja dan Cara Menjawabnya dengan betul

10 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

Wawancara kerja gak hanya penting buat agan doang, wawancara kerja juga penting bagi perusahaan yang mau ngerekrut calon-calon karyawan seperti agan. Karena dari tes wawancara itulah para penguji bisa mengetahui kualitas, visi serta tujuan agan-agan ingin bekerja. Untuk memudahkan persiapan agan-agan dalam tes wawancara kerja, berikut ane kasih 10 pertanyaan umum saat wawancara yang sering dilontarkan para penguji. Jangan takut, kos ane udah nyertain juga tips dan triknya buat ngejawab pertanyaan-pertanyaan ini. Cekidot!

Informasi Tentang Diri Anda


Opening pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para penguji wawancara kerja ini gak hanya cuma ingin tau informasi diri agan-agan, dari sini mereka juga bisa menilai keefektivitasan diri Anda. Triknya kalo nemuin pertanyaan kayak gini adalah jawab aja seadanya, jujur, gak njelemit dan pastinya dengan suara yang jelas. 

Lebih bagus lagi kalo informasinya pake alur. Misalnya dimulai dari sejarah pendidikan agan, sejarah kerja kalo ada, serta keadaan agan-agan di masa SEKARANG. Cukup itu aja, jangan sampai curhat tentang mantan agan atau masalah yang agan hadapi lainnya. Haram! 

Informasi yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan 


Kalo ditanya pertanyaan kayak ini, pastikan agan-agan udah tau beberapa informasi penting mengenai perusahaan itu. Katakan aja beberapa hal-hal umum dari perusahaan itu seperti produk atau pelayanan, pendapatan, reputasi, pandangan masyarakat, sejarah dan filosofi perusahaan. Ada lagi? Cukup itu doang gan dan usahakan jawab seadanya, karena para penguji gak suka sama orang yang njelimet. Kecuali pengjuinya mata keranjang, hha.

Alasan Anda HARUS Direkrut? 


Pertanyaan ini termasuk pertanyaan jebakan gan maka jawablah sehati-hati mungkin. Agan-agan bisa mengawalinya dengan menceritakan prestasi-prestasi real agan-agan dan cara agan-agan meraihnya SEOBJEKTIF mungkin. Itu aja? Pastinya gak, USAHAKAN dihubungkan dengan keperluan perusahaan secara gak langsung kenapa dari prestasi-prestasi itu perusahaan legowo nerima agan. 

Mengapa Anda Tertarik dengan Perusahaan Ini? 


Jangan langsung “nembak” kalo agan-agan ingin bekerja karena mau dapet penghasilan. Itu ada benarnya kok gan, tapi responlah dengan jawaban yang lebih memberikan kesan dan lebih berbobot kenapa agan-agan ingin bekerja di perusahaan itu. Seperti mau mengembangkan diri, menjadikan hidup lebih mempunyai visi dan abis itu gak apa-apa agan ngasih tau kalo agan-agan bekerja buat mencari rejeki. 

Berapa Lama Anda Bisa Memberikan Kontribusi dan Inovasi Untuk Perusahaan? 


Tak lain tak bukan ini adalah pertanyaan jebakan, maka jawablah dengan realistis. Dimulai dari agan-agan perlu beradaptasi dulu dengan perusahaan ini lalu kemudian tetapkan target realisitis agan-agan (biasanya 3-6 bulan) terhadap kemajuan perusahaan ini. 

Dari Resume Anda, Menurut Kami Anda Jauh Lebih berpengalaman Untuk Pekerjaan Ini 


Pertanyaan ini tentunya bakal bikin agan-agan jadi geer sendiri. Namun ingat gan, sama kayak pertanyaan lain, ini juga jebakan. Pengjui cuma mau tau seberapa kuat agan mengendalikan diri dan berpikir logis saat mendapat pertanyaan kayak gitu. Jawablah dengan rendah hati dan katakan bahwa agan juga manusia dan agan gak bisa jadi seperti sekarang tanpa bantuan orang-orang terdekat agan dan Tuhan pastinya. 

Kenapa Menginggalkan Pekerjaan Lama Anda? 


Jawablah dengan jujur gan. Misalnya dipecat kek, mengundurkan atas kehendak sendiri kek. Sampaikan juga alasan logis dan positifnya, hindari alasan yang menyebabkan konflik dengan perusahaan lama. Serta, hindari menceritkan hal-hal buruk mengenai lingkungan pekerjaan dan bos lama agan tentunya. 

Mengapa di Usia Anda sekarang Belum Memiliki Pekerjaan yang Lebih Baik? 


Terkesan merendahkan kan gan? Tapi ambil sisi positifnya, yaitu oleh sebab itulah agan melamar kerja di perusahaan itu kan? Be creative to answer this! 

Target Jangka Panjang Anda? 


Pertanyaan ini cukup menjebak, agan-agan mungkin menceritakan target jangka panjang pribadi agan. Boleh aja, tapi usahakan sinkron ama visi dan misi perusahaan itu. InsyaAllah sangat membantu. 

Berapa Gaji yang Anda Inginkan? 


Selain menggoda, pertanyaan ini juga menjebak banget. Berpikirlah dulu dengan mengetahui pertanyaan-pertanyaan di bawah ini; 

  • Mengadakan riset mengenai standar gaji di pekerjaan sejenis 
  • Mendapat visi yang jelas mengenai tanggung jawab dan kewajiban agan di perusahaan itu dari pewawancara 

Ceritakanlah kalau agan lebih memikirkan pekerjaannya ketimbang berpikir standar gaji. Katakan secara tersirat kalau pekerjaan yang baik pasti akan mendapat gaji yang baik pula. 

Nah, cukup jelas kan gan? Semoga sukses, ganbatte! 

Post a Comment for "10 Pertanyaan Umum Saat temuduga Kerja dan Cara Menjawabnya dengan betul"