Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Cara Ulang kaji dan Belajar yang Mudah masuk otak

6 Tips Cara Belajar yang Mudah - Belajar adalah salah satu aktivitas untuk memperoleh pengetahuan melalui pelajaran-pelajaran yang diberikan, baik dalam kelas ataupun diluar kelas, didalam rumah ataupun diluar rumah. Di mana pun tempat dapat jadikan fasilitas untuk belajar, sehingga selain perlu untuk mempersiapkan materi pelajaran dengan baik, juga butuh menyiapkan sebagian beberapa hal di bawah ini sehingga, belajar jadi mudah, efisien dan efektif.

Cara Belajar Mudah

6 Tips Cara Belajar yang Mudah

Berikut adalah 6 cara belajar yang mudah seperti yang diungkapkan dalam " How to study in six simple steps " oleh dummies. com.

1. Ruang kosong

Ruang kosong disini bermakna satu ruangan yang spesial untuk belajar, baik itu kelas ataupun ruangan dirumah hingga dengan cara otomatis dapat dibiasakan dengan tempat tersebut . Dengan adanya ruang kosong yang spesial untuk belajar, menjadikan pelajaran-pelajaran mudah masuk serta jauh lebih nyaman.


2. Tempat yang kondusif

Tempat yang kondusif untuk belajar perlu diciptakan, dimanapun dan kapanpun sesungguhnya kita bisa belajar, tetapi membuat tempat yang kondusif perlu untuk diusahakan. Tempat yang kondusif tak mesti juga yang sepi, namun tempat yang bisa mensupport sistem belajar serta mengerti materi pelajaran yang diberikan.


3. Lama belajar

Belajar yang efisien tidaklah mesti berlama-lama, baik posisi duduk ataupun berdiri. Lama belajar ditetapkan oleh materi serta praktik belajar, tetapi pelajaran yang efisien biasanya tidak lebih dari 2 jam pelajaran, dengan waktu utama yaitu 15 menit awal serta 15 menit akhir. Belajar yang terlampau lama dapat juga membuat situasi jenuh, begitupun belajar yang terlalu singkat membuat materi yang diberikan pun tidak selesai serta mengambang.


4. Mempersiapkan materi yang mudah diingat

Kita mesti mengerti kebiasaan otak dalam mengingat pelajaran dalam proses belajar. Biasanya materi pelajaran yang gampang diingat yaitu awal pelajaran serta akhir pelajaran, sedang materi yang kurang diingat yaitu ketika pertengahan. Rutinitas yang umum itu butuh untuk di ketahui, hingga dalam belajar, kita bisa menyelipkan sebagian aktivitas pada pertengahan baik dengan relaksasi ataupun istirahat sebentar.


5. Metode belajar

Metode belajar yang umum yaitu audio (suara), visual (gambar atau video) serta kinestetik (gerak). Setiap orang mempunyai cara belajar yang berbeda, walau tidak ada satu pun yang konsentrasi pada satu cara belajar. Hal itu butuh untuk di ketahui serta digunakan dalam sistem belajar, outcome yang akan diperoleh yaitu belajar lebih mengasyikkan, pelajaran mudah diserap serta dipahami dan mencegah terjadinya kebosanan dalam belajar.

6 Tips Cara Belajar yang Mudah

6. Mind mapping (Peta pikiran)

Peta pikiran adalah suatu cara yang ringkas dalam mengingat pelajaran-pelajaran utama. Dalam peta pikiran, bakal diperlihatkan satu alur pikiran pada seseorang terahadap pelajaran yang tengah dipelajari, lantaran sifatnya personal sehingga peta pikiran bisa berbeda-beda pada seseorang. Mulailah dengan suatu hal yang simple atau gampang, lalu berkembang jadi suatu peta pikiran yang lebih rumit serta komplek.


Demikian 6 panduan cara belajar yang mudah, semoga bisa dijadikan masukan supaya pembelajaran kita dan anak-anak bisa lebih efisien, nyaman, gampang serta mengasyikkan. Orangtua butuh untuk mengerti juga ketertarikan serta bakat seseorang anak terkecuali langkah belajar tadi, manfaat memudahkan mereka mencapai apa yang dicita-citakan sesuai dengan ketertarikan serta bakat itu.

Post a Comment for "6 Tips Cara Ulang kaji dan Belajar yang Mudah masuk otak"