Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 10 Foto Hoax Yang Heboh di Internet. Kamu Sempat Tertipu?

viral

Sebelumnya apa sih viral itu? Pastinya sudah sering dengar viral tapi banyak yang belum tahu apa itu viral. Viral lebih dikenal sebagai metode penyebaran pesan dengan menggunakan teknologi, baik itu internet maupun mobile. Viral erat kaitannya dengan konten. Lalu kemudia oleh seorang user, foto itu disebarluaskan dan menyebar dengan sendirinya satu sama lain.
Foto foto berikut ini memiliki sebuah cerita tersendiri, tapi jika cerita sebuah foto sudah mulai mengalami modifikasi atau pergeseran, maka makna foto itu pasti akan berubah dan terkadang menjadi kontroversi dan memicu perdebatan di dunia maya. Padahal sering sekali arti foto ini yang sebenarnya sangat berbeda dengan cerita yang beredar.

1. Seorang Anak Yang Tidur Di Tengah Makam Orang Tuanya

1

Anak laki laki ini sedang tidur diantara kuburan ayah dan ibunya, cerita yang beredar ayah ibu dari anak ini menjadi koran krisis kemanusiaan yang terjadi di Suriah pada saat itu
Cerita aslinya, foto ini adalah karya seorang seniman bernama Abdul Aziz al-Otaibi. Dia ini adalah seorang seniman dari Arab Saudi. Dalam gambar tersebut, ia ingin menggambarkan tentang betapa besarnya cinta seorang anak kepada kedua orang tuanya walaupun mereka sudah tiada.

2. Daun Pepohonan Berwarna Ungu

hutanungu

Pernah melihat foto ini sebelumnya? Sebuah lembah kecil di Skotlandia dengan pohon pohon berdaun ungu yang lebar. Seolah olah ini adalah hutan seperti di negeri dongeng
Cerita sebenarnya, Warna ungu pada daun tersebut hanyalah sebuah rekayasa belaka. Seseorang telah mengeditnya menggunakan sebuah aplikasi komputer, yakni Photoshop.

3. Cahaya Di Utara Alaska

3

Sebuah gunung di alaska tampak mengeluarkan cahaya, banyak yang mengatakan ini adalah fenomena alam yang sangat jarang terjadi.
Cerita sebenarnya, foto ini hanya rekayasa, hasil editan seorang anggota DevianArt. Gunung nya asli, cahayanya asli. Tapi kejadian keduanya hasil penggabungan. Cahaya ini adalah Nebula Orion yang terletak di sebelah selatan Sabuk Orion pada rasi bintang Orion. Biasanya, pancarannya dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang.

4. Detik-Detik Tragedi 9/11

4

11 September 2001 terjadi sebuah tragedi di New York City dan Washington D. C. Para pembajak menabrakkan dua pesawat ke menara kembar WTC (World Trade Center). Tempat itu pun hancur seketika dan banyak sekali korban berjatuhan. Foto ini diaku pemilik diambil saat detik-detik pesawat akan menabrak gedung.
Cerita sebenarnya, Peter Guzli Hongaria yang mempunyai foto tersebut mengakui jika ini hanyalah tipuan belaka.

5. Pulau Berbentuk Bulan Bintang

5

Sebuah pulau di Hawaii mengegerkan publik beberapa waktu lalu. Ada sebuah pulau yang berbentuk dengan bulan dan bintang. Khalayak sempat mengatakan ini adalah salah satu keajaiban Tuhan yang ada dan nyata di bumi.
Cerita sebenarnya, Pulau berbentuk bulan sabit itu adalah asli, yakni pulau Hawaii Molokini. Sang editor menambahkan satu pulau lagi berbentuk bintang dengan menggunakan aplikasi Photoshop.

6. Kaki Bayi Terlihat Di Luar Perut

6

Foto perut seorang calon ibu di atas. Dari luar, terlihat setapak kaki sang bayi yang seakan-akan bayi yang ada di dalam rahim sedang medorong-dorongkan kakinya.
Cerita sebenarnya, lagi lagi ini adalah rekayasa digital. Sesungguhnya itu bukanlah sebuah tapak kaki sang bayi. Rasanya tidak mungkin hal ini terjadi, seorang bayi bisa mendorong begitu kuat hingga terlihat bentuk kakinya. Karena lapisan kulit serta otot-otot pada perut sangatlah tebal dan berlapis-lapis.

7. Koala Atau Anjing

7

Foto ini sempat mengegerkan publik, hewan koala yang selama ini dikenal hewan pemakan daun, ternyata seperti ini. Di foto ini tampak si koala sangat ganas dan siap memangsa.
Cerita sebenarnya, hewan ini adalah seekor anjing. Lihat saja bentuk rahang serta gigi-gigi tajam pada hewan dalam foto di atas. Koala tidak memakan daging, melainkan daun. Jadi ia tidak mungkin punya gigi setajam itu.

8. Selfie Di Udara

8

Publik pengguna sarana transportasi udara ini sempat mengecam tindakan sang pilot yang sangat berbahaya ini. Dia membuka kaca dan selfie saat sedang berada di ketinggian.
Cerita sebenarnya, pilot ini memang benar benar selfie lewat kaca yang terbuka di pesawat. Tapi sebenarnya pesawat ini sedang berada di darat, dan sepertinya, lagi-lagi Photoshop bekerja dengan sangat baik.

9. Los Angeles Gelap Gulita

9

Ini adalah pemandangan kota Los Angeles tahun 1994 silam saat satu kota ini dilanda padam listrik bersamaan. Belum diketahui apa penyebabnya.
Cerita sebenarnya, Foto ini adalah hasil karya dari seorang fotografer bernama Thierry Cohen. Gambar dari beberapa kota di gabung menjadi satu, lengkap dengan pemandangan langitnya yang bertabur bintang dengan sinar terangnya itu.

10. Penampakan Bulan Raksasa

10

Supermoon yang terjadi di Rio de Janiero Brazil ini benar benar menggegerkan netizen kala itu, karena bulan nya benar benar luar biasa sangat besar!
Cerita sebenarnya, Bulan raksasa yang ada dibalik pegunungan itu hanyalah sebuah rekayasa. Sang pemilik menambahkan bulan dengan aplikasi edit foto. Foto ini pun benat-benar membuat dunia tertipu karenanya. Tak ada yang menyangka foto ini hanya sebuah editan.


(sumber)

Post a Comment for "Inilah 10 Foto Hoax Yang Heboh di Internet. Kamu Sempat Tertipu?"