Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertamina Akhirnya Batal Naikkan Harga BBM

PT Pertamina (Persero) membatalkan rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Jumat (15/5/2015). Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro membantah bahwa sebelumnya Pertamina akan menaikkan harga BBM‎.



"‎Sampai dengan saat ini, baik pemerintah maupun Pertamina sesuai dengan kewenangannya tidak melakukan perubahan harga Solar atau Biosolar bersubsidi maupun Premium," katanya dalam keterangan Jumat (15/5/2015).

Klarifikasi yang diberikan Pertamina ini diharapkan memberikan kejelasan kepada masyarakat setelah sebelumnya terjadi kesimpang siuran terkait kenaikan harga BBM tersebut.

"‎Demikian juga harga bahan bakar khusus tidak mengalami perubahan untuk periode 15 Mei 2015. Kami harapkan informasi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,‎" tegas dia.

Wianda pun melanjutkan, sejak diberlakukannya peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, penetapan harga BBM diregulasi oleh pemerintah, di mana BBM jenis tertentu, yaitu Solar dan Kerosene, serta BBM penugasan, yaitu Premium untuk wilayah di luar Jawa, Madura, Bali ditetapkan oleh pemerintah. Adapun, BBM umum, dalam hal ini Premium yang dipasarkan di Jawa, Madura, dan Bali ditetapkan oleh badan usaha.

Bahan Bakar Khusus yang terdiri dari Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Racing, Pertamina Dex, produk bahan bakar komersial yang sepenuhnya menjadi kewenangan badan usaha, yaitu Pertamina. Untuk Bahan Bakar Khusus tersebut juga tidak akan mengalamu perubahan harga per 15 Mei 2015.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) 34-22608 milik Pertamina yang berada di wilayah Pos Pengumben, Jakarta Selatan, memang tidak terjadi perubahan harga BBM. 

Untuk Bahan Bakar Khusus yaitu Pertamax masih dijual di harga Rp 8.800 per liter, untuk Pertamax Plus di harga Rp 10.050 per liter dan Pertamina Dex di harga Rp 11.900 per liter.

Sedangkan untuk BBM Penugasan, di SPBU yang sama Pertamina tetapmembandrol Premium di harga Rp 7.400 per liter dan solar di harga Rp 6.900 per liter. 

Sebelumnya diinfokan, Pertamina memutuskan untuk menaikkan harga jual Bahan Bakar Khusus untuk wilayah Jakarta dan Jawa bagian Barat. Namun untuk Premium dan Solar, Pertamina memilih untuk tak mengubah dan tetap di harga Rp 7.400 per liter dan Rp 6.900 per liter.

Retail Fuel Marketing Region III Pertamina, Pramono Sulistyo menjelaskan, perubahan terhitung mulai 15 Mei 2015 pukul 00.00 WIB. "Perubahan tersebut berlaku di SPBU wilayah marketing operasional region III," jelasnya. 

Untuk perinciannya, Pramono melanjutkan, harga Pertamax akan naik Rp 800 per liter menjadi Rp 9.600 per liter dari harga sebelumnya di Rp 8.800 per liter.

Untuk Pertamax Plus akan naik Rp 500 per liter menjadi Rp 10.550 per liter dari harga sebelumnya yang tercatat Rp 10.050 per liter.

Untuk Pertamina Dex akan naik sebesar Rp 300 per liter menjadi Rp 12.200 per liter dari harga sebelumnya Rp 11.900 per liter. 

Sedangkan untuk jenis Premium, Pertamina memutuskan untuk tidak mengubahnya atau tetap di level Rp 7.400 per liter. (Yas/Gdn)

Post a Comment for "Pertamina Akhirnya Batal Naikkan Harga BBM"