Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Orang Jepang yang Perlu Kamu Contek


Jepang adalah sebuah negara maju dimana semua masyarakatnya memiliki etos kerja yang tinggi dan selalu memiliki semangat untuk meraih kesuksesan. Walau mereka tidak memiliki sumber alam yang kaya seperti Indonesia tetapi tetap bisa survive bahkan menjadi salah satu negara maju di dunia.
Apa sebenarnya yang membuat masyarakat Jepang lebih maju? Berikut 6 rahasia dan sifat orang Jepang yang harus kamu ketahui :

1. Menjaga Tradisi dan Budaya


Walaupun sudah menjadi negara maju masyarakat Jepang masih sangat menjaga tradisi dan budaya mereka. Bahkan bangsa Jepang berhasil mengadaptasi budaya lokal dengan nilai-nilai global contohnya pada tahun 1873 Jepang mengadopsi teknik pemintalan dari negara Perancis.

2. Kaizen dan Hensai

Salah satu kunci sukses terbesar orang Jepang adalah Kaizen dan Hansei. Kaizen yaitu melakukan penyempurnaan tida henti, sedangkan Hansei melakukan perbaikan tiada henti. Jadi jangan heran jika orang Jepang berhasil memajukan industri otomofit, robot, dan teknologi.

3. Budaya Kerja


Jika melihat budaya kerja Indonesia dengan orang Jepang sangatlah berbeda. Jika orang Indonesia hanya bekerja 7-8 jam, orang Jepang terbiasa bekerja 14-18 jam perhari. Bagi orang Jepang tempat kerja bukan hanya sekedar tempat mencari nafkah tetapi juga menganggap tempat kerja bagian dari keluarga dan kehidupannya.

4. Rajin Membaca


Pendidikan adalah suatu hal yang amat penting dan sudah lama pemerintah Jepang menekankan pentingnya semangat belajar bagi masyarakat. Terlihat orang Jepang memiliki budaya membaca yang sangat tinggi dimanapun mereka berada.

5. Budaya Malu

Orang Jepang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi mereka akan merasa malu apabila tidak menjalankan tugas dengan baik, melanggar peraturan, ataupun norma-norma yang sudah menjadi kesepakatan umum di masyarakat. Maka hampir tidak pernah terlihat orang Jepang membuang sampah sembarangan, melanggar lalu lintas hingga rusaknya fasilitas umum.

6. Sederhana

Orang Jepang memiliki sifat hemat dan tidak menjadi seseorang yang konsumtif. Mereka juga memiliki sifat sederhana contohnya pendiri perusahaan otomotif Suichiro Honda. Walaupun ia memiliki ruangan di kantornya ia lebih senang terjun langsung ke bengkel, menggunakan seragam biasa seperti karyawan lainnya, hingga tinggal disebuah rumah yang sederhana.

(sumber)

Post a Comment for "Rahasia Orang Jepang yang Perlu Kamu Contek "