Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Lahir Astronom Caroline Herschell di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/caroline-herschels-266th-birthday-5149061126553600-hp.gif

Hari lahir astronom Caroline Herschell ke-266 dirayakan di Google doodle hari ini Rabu, 16 Maret 2016. Kontribusi besar perempuan bernama lengkap Caroline Lucretia Herschel ini terhadap dunia astronomi, adalah penemuan berbagai komet, termasuk satu komet yang kini menyandang namanya, 35P/Herschel-Rigollet.

Jika kita mengunjungi halaman utama Google hari ini, akan tampak animasi seorang perempuan dengan pakaian ‘tradisional’ Jerman yang tengah mengamati angkasa raya dengan teleskopnya. Sebagai latar belakang, muncul komet berjatuhan dengan indah. Google tengah merayakan hari ulang tahun Caroline Herschell yang lahir pada 16 Maret 1750 di Hanover.

http://www.thefamouspeople.com/profiles/images/caroline-herschel-4.jpg
Masa kecil yang berat telah menempa Caroline sedemikian rupa untuk memiliki hati setangguh baja. Ia lahir setelah perang Dettingen pada 1743. Caroline menderita tipus sejak usia 10 tahun, yang menyebabkan tubuh mungilnya sulit bertambah tinggi. Keadaan ini membuat ibunya sempat berpikir, lebih baik Caroline dididik untuk menjadi pelayan rumah tangga.

Caroline kemudian mengikuti jalan takdir, sempat menjadi penyanyi menemani saudara lelakinya, William Herschell yang menjadi musisi. Ketika William menjadi astronom, Caroline demikian pula. Dari sinilah, setelah perjuangan sekian lama, dan banyaknya ujian hidup Caroline menemukan langkahnya sendiri sejak 1782, di usia 32 tahun.

Beberapa penemuan penting pun lahir. Ialah yang pertama kali mendeteksi berbagai objek astronomik seperti M11o (NGC 205). Namun yang paling mencolok adalah penemuan berbagai komet. Salah satunya, 35P/Herchel-Rigollet yang memiliki periode orbit 155 tahun. Komet ini diamati oleh Caroline pada 1788, dan muncul kembali dalam pantauan astronom dunia pada 1939. Kemungkinan komet tersebut terlihat lagi pada Februari-Maret 2092.


Sumber : Sidomi

Post a Comment for "Hari Lahir Astronom Caroline Herschell di Logo Google"