Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulang Tahun Novelis Tanpa Huruf E Georges Perec di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/georges-perecs-80th-birthday-6327856558768128-hp.gif

Ulang tahun novelis ‘tanpa huruf E’ Georges Perec dirayakan di Google hari ini Senin, 7 Maret 2016. Perec yang lahir di Paris pada 7 Maret 1936 –80 tahun yang lalu– pernah menelurkan novel  La disparition (1969) yang menjadi inspirasi google doodle hari ini, yang dibuat oleh Sophie Diao.

Saat Anda mengunjungi halaman utama Google hari ini, akan ada sedikit kejutan. Logo Google yang biasa tampak ‘kehilangan’ huruf E. Iya, huruf tersebut dibuat kabur sedemikian rupa untuk mengenang La disparition, novel karya Georges Perec yang tidak mencantumkan  satu pun huruf E mesti ditulis sepanjang 300 halaman.

Tidak adanya huruf E dalam novel tersebut tergolong unik, karena bisa dimaknai sebagai metafora hilangnya orang tua Perec di Perang Dunia II. Sang ayah pergi dan tak pernah kembali sebagai tentara, sementara sang ibu lenyap dalam Holocaust. Diklaim oleh Warren Motte, tidak adanya huruf E dalam La disparition adalah ungkapan kehilangan dan ketidaklengkapan Perec tentang masa lalunya.

La disparition sendiri sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Sesuai dengan permainan lipogram yang diterapkan Perec untuk novelnya, gaya penerjemahan novel itu pun mengikuti. Misalnya, terjemahan La disparition dalam bahasa Inggris oleh Gilbert Adair, berjudul A Void, juga menghilangkan huruf E.

http://wordaligned.org/images/perec.jpg
Dalam terjemahan bahasa Spanyol, oleh Hermes Salceda, novel ini diberi judul El Secuestro. Salceda mengikuti permainan lipogram Perec dengam menghilangkan huruf a, yang merupakan huruf paling sering dipakai dalam bahasa tersebut.  Sementara dalam terjemahan bahasa Rusia oleh Valery Kislow, huruf yang dihilangkan adalah o, yang merupakan huruf paling banyak dipakai dalam bahasa tersebut.

La disparition sendiri bukan satu-satunya karya Georges Perec. Karyanya yang paling terkenal adalah La Vie mode d’emploi  yang dipublikasikan pada 1978. Karya lain di antaranya, Les Revenentes (1972), Un homme qui dort (1967), Die Maschine, (1972).


Sumber : Sidomi

Post a Comment for "Ulang Tahun Novelis Tanpa Huruf E Georges Perec di Logo Google"